Khamis, 22 November 2012

10 Haiwan Lutsinar

Haiwan-hawan yang mempunyai tubuh lutsinar ini kelihatan begitu indah. Meskipun kebanyakan dari mereka yang hidup di air, tapi ada juga yang hidup di darat.

1. Katak lutsinar
 
Berasal dari Venezuela, Katak Kaca milik keluarga amfibi Centrolenidae (order Anura). Sementara warna latar belakang umum dari kebanyakan katak kaca berwarna hijau limau, binatang ini mempunyai kulit perut lutsinar, sehingga jantung, hati, dan saluran pencernaan dapat dilihat melalui kulit.

2. Kepala ikan lutsinar

Haiwan aneh yang hidup di dalam ikan air disebut Barreleye (Macropinna microstoma) memiliki kepala dan bebola mata. 


3. Kupu-kupu lutsinar

Ditemui di Amerika Tengah, dari Mexico ke Panama, Glasswing Butterfly (Greta Oto). Jaringan di antara urat-urat sayapnya nampak seperti kaca.


4. Cumi lutsinar

Ditemui di belahan bumi selatan samudera, Glass Squid (Teuthowenia pelusida) memiliki organ cahaya pada mata dan memiliki kemampuan untuk menggulung menjadi bola, seperti landak laut. Ini adalah mangsa dari banyak ikan laut dalam (misalnya hiu goblin) serta ikan paus dan kelautan burung laut.


5. Transparent Zebrafish
 
Ditemui pada tahun 2008 oleh para ilmuwan sehingga mereka dapat mempelajari proses penyakit, termasuk penyebaran kanser. Ikan yang lutsinar memungkinkan para peneliti di Children’s Hospital Boston untuk terus melihat organ-organ internal ikan dan mengamati proses seperti pertumbuhan tumor  dalam organisme hidup.

6. Transparent Icefish
 
Hidup di perairan dingin di sekitar Antartika dan selatan Amerika Selatan, buaya icefish (Channichthyidae) memakan krill, copepods, dan ikan lainnya. Darah mereka lutsinar karena mereka tidak memiliki hemoglobin dan / atau hanya tidak berfungsi eritrosit. Metabolisme mereka hanya bergantung pada oksigen terlarut dalam cairan darah, yang diyakini akan diserap secara langsung melalui kulit dari air. Ini bekerja karena air dapat melarutkan oksigen saat terdingin. Dalam lima spesies, gen untuk mioglobin dalam otot juga telah menghilang, meninggalkan mereka dengan putih hati, bukan merah muda.

7. Transparent Amphipod

Disebut Phronima, binatang  ini adalah salah satu dari sekian banyak spesies aneh baru-baru ini ditemui di sebuah ekspedisi ke laut dalam pegunungan di Atlantik Utara.Para ilmuwan mengatakan Dalam ironis strategi bertahan hidup makhluk shrimplike kecil ini menunjukkan segala sesuatu yang di dalam dan luar dalam usaha untuk menghilang.


8. Udang larva lutsinar

Ditemukan di di perairan sekitar Hawaii,ini udang larva punggung babi.


9. Transparent salp

Ini ubur-ubur-seperti binatang yang dikenal sebagai pakan Salps tanaman kecil di dalam air yang disebut fitoplankton (ganggang laut). Mereka adalah binatang  yang dapat berukuran dari satu sampai 10 cm panjangnya.


10. Ubur-ubur lutsinar

Ubur-ubur berenang bebas-anggota phylum Cnidaria. Mereka ditemui di  laut, dari permukaan ke dalam laut. Banyak ubur-ubur begitu lutsinar sampai mereka hampir mustahil untuk dilihat. Salah satu di atas adalah dari genus Arctapodema, dengan ukuran panjang satu inci (2,5 sentimeter-lama).

Tiada ulasan:

Catat Ulasan